Tips Cara Mengetik Huruf Umlaut Bahasa Jerman

Tips Cara Mengetik Huruf Umlaut Bahasa Jerman | Beberapa kata dalam bahasa Jerman menggunakan umlaut seperti ü, ö, ä. Mungkin buat kamu yang sering mengetik menggunakan bahasa Jerman, membuat huruf umlaut memiliki kesulitan tersendiri. Alternatifnya, biasanya kita mengganti ä dengan ae, ö menjadi oe, dan ü menjadi eu, dan ß menjadi ss.

Sebenarnya itu tidak salah. Tetapi kalau bagi kamu yang perfeksionis dan lebih suka menggunakan umlaut supaya terlihat lebih Jerman banget, kami bisa bantu memberi solusinya. Silakan simak tips cara mengetik umlaut huruf bahasa Jerman berikut ini.


1. Menggunakan Fitur "Tablet PC Input Panel"

Kalau kamu menggunakan Windows 7 seperti saya, maka kamu akan menjumpai di taskbar ada sebuah icon kotak seperti gambar papan tulis yang bernama "Tablet PC Input Panel". Posisinya ada disini:

Kalau kamu tidak melihat icon tersebut, coba klik kanan di Taskbar, pilih Toolbars, dan klik "Tablet PC Input Panel". Maka iconnya akan muncul.
Cara Menampilkan Tablet PC Input Panel

Sekarang klik icon tersebut, dan akan keluar virtual keyboard. Ganti settingan keyboard dari bahasa Inggris (EN) menjadi Bahasa Jerman (DE). Nah, tombol-tombol virtual keyboard pun berganti format menjadi keyboard bahasa Jerman dengan adanya huruf-huruf umlaut dan posisi simbol-simbol tanda baca yang berbeda dengan keyboard biasa.
Tampilan Tablet PC Input Panel

Dengan fitur tersebut, kamu bisa menggunakan virtual keyboard bahasa Jerman. Fitur ini juga otomatis akan mengganti keyboard PC/Laptop kamu menjadi keyboard jerman. Jadi, kalau kamu tekan tombul huruf y, yang keluar adalah huruf z. Karena di keyboard Jerman, posisi tombol Y dan Z tertukar, tidak seperti pada keyboard biasa.

Untuk mengembalikan keyboard kamu seperti semula klik Tools, lalu pilih Exit.


2. Menggunakan Kombinasi Numpad Keyboard

Kalau cara yang ini terbilang lebih simpel dan praktis, tapi kamu harus menghafal angka-angka kombinasi untuk memunculkan huruf-huruf seperti ä, ö, ü, dan ß. Caranya, tekan Alt + "angka di numpad". Ingat, di keyboard numpad. Maksudnya tombol-tombol angka di keyboard di sebelah kanan, bukan tombol angka di sebelah atas.
Numpad di keyboard
Tombol-Tombol Ini yang Namanya Numpad

Sekarang lihat keyboard kamu. Mungkin sebagian ada yang mengerti, tapi mungkin juga ada yang tambah bingung karena di keyboar laptop tidak ada numpad seperti itu karena tombol laptop lebih sedikit. Tapi bukan berarti keyboard laptop tidak punya numpad. Letak numpad di keyboard sebenarnya berbeda-beda, tetapi umumnya terletak di sini:
Numpad di keyboard laptop
Numpad di keyboard laptop
Nah, untuk mengaktifkan numpad, pertama-tama kamu harus menekan tombol Fn + Num Lk. Ketika numpad aktif, maka tombol M,J,K,L,U,I,O,7,8,9 akan berubah menjadi tombol angka. Kalau sudah begini barulah kamu mengetikkan kombinasi berikut ini:

  • ä = Alt + 0228
  • ö = Alt + 0246
  • ü = Alt + 0252
  • ß = Alt + 0223
Untuk menormalkan kembali keyboard dan menonaktifkan numpad tekan kembali Fn + Num Lk.


3. Gunakan Virtual Keyboard Online

Cara ini mirip seperti cara nomor 1, tapi bisa jadi cara alternatif kalau sistem operasi komputer kamu bukan Windows 7. Caranya buka situs berikut: http://gate2home.com/German-Keyboard. Disitu kamu bisa meng-input karakter-karakter umlaut untuk bahasa Jerman. Kalau sudah diketik, klik copy atau blog tulisannya dan tekan Ctrl + C kemudian paste ke tempat dimana kamu ingin menulis.
Virtual Keyboard Online


Sebenarnya virtual keyboard ada juga di Google Translate. Coba deh buka: https://translate.google.co.id/?hl=id&tab=wT#de/id/. Klik gambar keyboard seperti pada gambar, lalu ketikkan huruf yang kamu mau, lalu copy dan paste ke tempat dimana kamu ingin menulis.
Virtual Keyboard Google Translate

Sekian tips cara mengetik huruf umlaut bahasa Jerman dari Stu-di-Jerman, semoga bermanfaat. ^_^

2 komentar:

  1. saya pake windows 7, tp kok ga ad bacaan "Tablet PC Input Panel" ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo! Seharusnya ada. Coba dicek lagi ya.. viel gluck!

      Hapus