Apa yang harus saya lakukan? : Proses Menunggu Visa sampai Keluar

http://www.germany-visa.org/wp-content/uploads/2016/08/germany-study-visa.jpgPada post beberapa waktu lalu, saya telah menuliskan prosedur pembuatan visa. Nah setelah kita mengajukan visa, maka kita masuk ke fase yang menurut saya paling nggak enak, menunggu visa keluar. Keadaan ini sangat membuat saya menjadi serba salah. Karena jika kita aktif menanyakan visa terus menerus ke kedutaan ada perasaan takut bahwa visa kita ditahan atau dihambat. Namun, jika kita hanya diam saja/pasif dan menunggu telefon dari kedutaan bisa jadi visa kita belum di proses-proses.

Sebenarnya berapa lama proses pengerjaan visa?
Proses pengerjaan visa sendiri sangat berbeda-beda. Ada beberapa teman saya yang mendapat visa hanya dalam waktu 2 minggu atau 3 minggu. Bahkan saya denger pengalaman beberapa teman-teman saya yg mendapatkan 8 bulan. Saya sendiri memerlukan kurang lebih waktu 2 bulan 1 minggu untuk mendapatkan visa.  Lumayan cukup membuat resah dan gelisah.

Karena merasa was-was dengan visa yang tidak kunjung keluar, maka saya pun menanyakannya via email kedutaan, menanyakan proses visa saya sudah sampai mana. Sayangnya jawaban kedutaan kurang memuaskan. Saya hanya disuruh menunggu telefon. Ya itu adalah jawaban yg sangat klasik dari kedutaan. Pada saat itu saya agak takut ditolak, gimana ya nggak bisa mastiin visa diterima/ditolak dan harus siap nerima kepahitan yg bakal terjadi, karena penerimaan visa dinilai dari berbagai aspek mulai dari berkas/kelengkapan dokumen, wawancara dan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan dari petugas, pengecekan langsung di Jerman keaslian surat undangan tes/sprachkurs, banyaknya jumlah pendaftar uni/studienkolleg di negara bagian juga mempengaruhi pengecekan surat undangan, terus masing-masing kota juga pasti beda waktunya bergantung dari jumlah pelamar visa. Jadi lama enggaknya bergantung banyak aspek, saya juga gak bisa 100% yakin meskipun dokumen lengkap terus visa saya jadi dalam waktu singkat, mungkin iya, mungkin tidak. Jadi 2 bulan itu waktu yg sangat wajar ya. Makanya siapin waktu yg cukup buat apply visa dan jangan terlalu mepet. Dan siapin juga rencana-rencana berikutnya mulai dari rencana A-Z okay. Karena apapun bisa terjadi.

Apa yang bisa dilakukan jika visa tak kunjung keluar?
Karena penasaran kenapa visa saya membutuhkan waktu yang cukup lama, maka saya pun memutuskan untuk mengontak pihak Ausländerbehörde (ABH) Nordhausen. ABH ini yang memutuskan apakah visa kamu disetujui atau tidak. Pada saat itu saya megirimkan email ke ABH Nordhausen, yang saya dapat dari browsing. Untuk kota selain Nordhausen bisa kamu cari di Google dengan keyword Ausländerbehörde (kota yang dituju). Email yang saya kirim cukup simpel, seperti ini:

Sehr geehrte Damen und Herren,

mein Name ist Max Musterman. Ich bin im Jakarta am 01. Januar 1990 geboren. Ich komme aus Thailand. Ich bin SMA Absolvent und möchte Aufnahmetest an der Studienkolleg Nordhausen teilnehmen. Ich habe vor 2 Monate ein Visum beantragt. Bis jetzt habe ich leider keine Rückmeldung. Die Aufnahmeprüfung findet am 1.September 2015 statt. Vielleicht wissen Sie, ob mein Antrag schon akzeptiert wird. Ich warte auf Ihre Antwort. Vielen Dank für Ihre Aufmerksamkeit.


Mit freundlichen Grüßen,

Max Musterman

Setelah mengirim email seperti diatas, saya menunggu kira-kira selama 1-2 minggu untuk mendapatkan jawabannya. Jawabannya juga kurang puas, pihak ABH menyatakan visa saya masih dalam proses. Tapi setidaknya saya lega, dokumen saya berarti udah di Jerman. Karena ada beberapa kasus yang dokumennya nggak dikirim-kirim ke Jerman karena dokumennya kurang lengkap atau keselip mugkin ya. Kemudian tepat tanggal 23 Juli 2014 saya ditelfon kedutaan jam 9 pagi, namun sayang saya dalam keadaan tidur -__- dan saya yakin sekali itu nomor kedutaan. Saya mulai was-was dong. Akhirnya saya email kedutaan berkali-kali dan telefon tapi sayng ngga ada respon apapun. Sedih ya. Kemudian saya tanya ABH lagi, dan menyatakan bahwa visa saya sudah selesai prosesnya, silahkan hubungi kedutaan. Kembali saya hubungi kedutaan, namun tidak ada respon dari email atau telefon. Saya sangat bingung sekali, dan akhirnya memutuskan tanggal 5 Agustus 2014 untuk ke kedutaan untuk menanyakan visa saya. Alhamdulillah saya senang sekali Ya Allah, karena petugas visa loket 5 bilang visa saya sudah jadi 2 minggu yang lalu -__- berarti bener kan kedutaan nelpon tapi nggak saya angkat. Petugas visa bilang kita sudah telefon, tapi kamu nggak angkat. Hahaha *iyalah orang lagi tidur. Mungkin lagi sial. Dan jangan lupa pastikan nomor HP atau telefon rumah itu benar ya. Nanti nyasar kemana-mana lagi ... Hahah

Jadi kalau kalian penasaran saya keadaan visa kalian sudah 1 bulan belum dapet kabar apa-apa, bisa kok coba hubungi ABH kota tujuan kalian. Biar jelas prosesnya sudah sampai mana dan sudah dikerjakan apa belum. Hal penasaran sangat wajar kok. Ya pokoknya paling nggak enak deh fase nunggu visa. Tapi semua kebayar kok setelah kalian dapet, dan langsung locat-loncat gembira dan bilang “AKU DAPET VISA~~~~” Hahaha.  

Source : http://therookieadvisor.blogspot.com/

23 komentar:

  1. mw tanya ... aku kan dah ngajuin visa dr dua bulan yg lalu.. dan aku ujian tanggl 1 sep 2014 dan sampe skrang visa ku lom kluar jg. aku dah tanya kdbes ktny lom da jwban ... kira2 apa kah memungkinkan visaku bsa turun ya..?

    BalasHapus
  2. Hallo! Kemungkinan itu pasti ada, meskipun peluangnya kita tidak tau seberapa. Kamu sudah coba hubungi ABH di kota tujuan? Coba dihubungi dulu. Jika nanti hingga tanggal ujian belum dapat visa, sebaiknya kamu berikan zulassung lainnya. Semoga membantu ya.

    BalasHapus
  3. Permisi kak, saya bikin visa tanggal 14 januari 2015. Mungkin kah saya studkol di sommer semester kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Firhan! Proses pembuatan visa biasanya 6-8 minggu, bisa lbh cepat atau bahkan lbh lama. Pendaftaran Studkol utk Sommer sebagian besar tutup tgl 15 Januari. Pertanyaan, apakah Firhan sdh daftar Studkol utk Sommer?

      Hapus
  4. Misi kak. Mau nanya, apa bukti asuransi diwajibkan buat pengajuan visa studi? (saya baca di: https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://www.jakarta.diplo.de/contentblob/4332004/Daten/5220898/D_id__Visa_Nasional.pdf&ved=0CCEQFjABahUKEwjh-8CwprrHAhUUco4KHQpaBW0&usg=AFQjCNEra6BLkugY1iqYJdZ0PExbzDYQcQ ). Krn dulu teman2 saya setibanya di jerman baru urus asuransi..makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Anonym!
      Pengalaman saya tidak, saya tulis akan mendaftar asuransi setibanya di Jerman. Dan berhasil. Viel gluck!

      Hapus
  5. Permisi Kak, saya sudah 3 bulan lebih ngajuin visa. Saya sudah kirim email ke abh tapi sudah dua minggu belum ada jawaban. Kira2 ada hal lain gak yg bisa dilakukan?
    Biasanya kalau lama karena masalah apa ya?
    makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Suci!
      Kalau dokumen kamu sudah lengkap, seharusnya pihak kedutaan menelpon kamu. Sudah coba tanya ke kedutaan? Coba datengin kedutaan untuk menanyakan sudah selesai belum, dan jelaskan kalau sudah 3 bulan menunggu. Biasanya karena banyak pelamar visa dari berbagai negara, jadi pengerjaannya juga membutuhkan waktu yg panjang. Untuk email yg belum dibalas, dicoba lagi jedain kalo bisa 2minggu sekali saja. Semoga cepat keluar ya visanya! :)

      Hapus
  6. permisi kak saya sudah apply visa tgl 22 desember 2015 kemaren untuk ujian stutkol tanggal 25 januari 2016 di nordhausen. nah tapi sampe sekarang visa saya belum keluar juga padahal tanggallnya sudah lewat nah itu kira kira bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Gio! Kamu bisa email pihak studienkollegnya untuk minta zulassung baru karena visamu belum jadi. Jelasin melalui email kasus kamu, nah nanti kalau diminta zulassung sama kedutaan kamu punya zulassung yg terkini. Viel Glueck!

      Hapus
  7. Permisi kak mau tanya, kakak di telpon untuk jawaban visa hanya sekali dan tidak terjawab atau sudah berkali jali? Dan apakah nomor yang digunakan untuk menelfon kakak sama dengan nomor telefon kedutaan yang tercantum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo non, waktu itu sehari ditelpon 1-2 kali dr nomer kedutaan, kedutaan punya bbrp nomer identik. Lalu seminggu setelahnya, saya coba dateng kekedutaan, utk tanya visa saya, ternyata benar sdh jadi seminggu yg lalu. Goodluck non!

      Hapus
  8. Saya mau tanya, semisal dokumen visa nasional saya ada yang tidak lengkap tapi saya sudah pergi dari Jakarta, apa saya harus mengirim dokumennya secara online atau harus tetap ke kedutaan Jerman dan menyerahkan dokumen pelengkapnya secara langsung di kedutaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Bunga, setau saya kedutaan tidak mau proses visa jika dokumennya tdk lengkap, kalopun ada dokumen yg dibutuhkan, harusnya pihak kedutaan kasi kabar ttg ketidaklengkapan dokumen, tentu hrs datang ke kedutaan lagi. Viel Erfolg!

      Hapus
  9. boleh minta alamat email abh nordhausen ga? di web ga ada ya untuk abh nya, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, ja boleh. Ini : https://www.ortsdienst.de/auslaenderbehoerde/

      Hapus
  10. Anakku sdh 3 bln mengajukan visa tapi sampai sekarang blm keluar juga, sdh email ke negara dan kota yg dituju, sdh bertanya pada kedutaan indonesia, teman sdh datang kekedutaan negara yg bersangkutan tapi hanya dapat kemarahan katanya suruh tunggu, email dr sana tdk dubalas, kedutaan indonesia juga bilang blm ada jawaban, sampai stress.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Julia, sabar. Selama dokumen lengkap, tinggal menunggu. Semoga cepat segera keluar visanya!

      Hapus
  11. Visa anak saya sdh 3 bln blm keluar, sudah emailnke abh tetap tdk ada jawaban, sdh telp ke kedutaan indonesia katanyaereka sdh email ke kota yg bersangkutan juga blm dpt balasan. Ini bagaimàna ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, non coba setiap 1 bulan dihubungi pihak kedutaan dan ABH yg bersangkutan. 3 bulan cukup lama soalnya. Pasti ada hambatan bisa jadi lama spt itu. Sabar dan semoga cepat keluar visanya!

      Hapus
  12. Hi kak, aku mau nanya.. Aku udah apply visa nasional sejak awal Maret 2019, akan tetap sampe July 2019 ini visaku blm keluar.. Suami jg udah menanyakan ke ABH Freiburg dan jawabannya adalah visaku msh dalam proses.. Kalo sudah ditahap pemprosesan, apakah ada kemungkinan visa ditolak kak? Harap2 cemas..Suami jg udah submit beberapa dokumen tambahan ke ABH Freiburg pada bulan Mei lalu stlh dikirimin surat dr ABH Freiburg.. Trims kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Diaya, penolakan itu bisa terjadi. Tapi selama berkas lengkap, seharusnya baik2 aja, tinggal berdoa. Semoga cepat visanya keluar ya!

      Hapus