Membuat Motivationsschreiben / Motivation Letter

Idealnya Motivationsschreiben yang baik adalah 1 halaman A4, sekitar 500-750 kata. Jangan membuatnya terlalu panjang, karena perlu diingat: pihak Universitas/Studienkolleg menerima ratusan bahkan bisa ribuan pendaftar yang masing-masing menulis Motivationsschreiben yang berbeda dan mereka harus membacanya satu-satu. Diusahakan tidak ada kesalahan grammar dan penulisan dalam membuat Motivationsschreiben karena dengan membaca tulisan ini pihak universitas akan tahu kemampuan bahasa Jerman kita. Ditulis seperti halnya kita akan mengirim email. Diawali dengan Sehr geehrte(r) Damen und Herren, dan ditutup dengan Mit freundlichen Grüßen, nama kalian dan tanda tangan.

Isi dari Motivationsschreiben: 
  • Salam pembuka, perkenalan diri (nama, umur, asal, pendidikan terakhir, pernyataan bahwa dengan tulisan ini saya akan menjelaskan alasan saya mendaftar ke jurusan …. ke universitas yg kalian inginkan.
  • Alasan, kenapa tertarik dengan jurusan tersebut (misal jika mendaftar ke jurusan teknik komputer, jelaskan kenapa tertarik dengan komputer / teknik komputer secara general)
  • Kenapa ingin studi di Jerman. Jangan hanya menulis "karena murah" atau "karena bagus". Jelaskan lebih spesifik, bagusnya seperti apa, dll. Contoh kualitas yang baik dan fasilitas yang memadai.
  • Apa yang menarik dari jurusan yang ditawarkan di universitas tersebut (misal: apa yang membuat kamu tertarik mendaftar ke jurusan teknik komputer Universitas X? Apa spesialnya?)
  • Mengapa ingin studi di universitas tersebut? (kualitasnya kah? keberadaan murid internasional yang banyak? dll) Misalnya karena uni tsb terbaik dibidangnya di Jerman.
  • Deskripsi diri sekilas (sifat-sifat positif, penting: saya senang bekerja sendiri, tapi juga suka berpartisipasi dalam team), mau belajar, hobi, minat.
  • Penutup (saya tahu bahwa tidak mudah untuk mendapatkan tempat di jurusan ini, tapi saya yakin bahwa saya bisa memenuhi persyaratan yang ada dan yakin dgn kemampuan saya.)
Viel Glück guysss!

Source : http://therookieadvisor.blogspot.com/

4 komentar:

  1. Halo, ini suratnya harus di ketik atau tulis tangan? Terima kasih. Salam dari Bali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Diah, kalau bisa di ketik dan di tanda tangan. Good luck!

      Hapus
  2. Hallo Ka,mau tanya dong klw utk visa national pkai motivation letter jg gak yah ? Trs mnggunakan bhs indo,ing atau hrs jerman ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo non, sebaiknya cantumin dlm bhs jerman, karena kamu mau kuliah di jerman, jadi referensi buat yg proses visa. Goodluck!

      Hapus