Produk Organik di Jerman

 
Model Foto: Colourbox.de

Beberapa tahun terakhir ini trend produk organik (Bioprodukte) menjadi sangat populer di Jerman. Khususnya di kalangan anak muda yang berumur antara 20-30 tahun. Jerman sendiri menjadi konsumen produk organik terbesar dan terpenting di Eropa.

Peningkatan popularitas produk ini disebabkan oleh semakin meningkatnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan, karena produk organik mengandung minimal 95 persen bahan alami. Banyak alasan lain mengapa orang Jerman memilih produk organik, yakni kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak mengotori tanah dengan bahan-bahan kimia, melawan penggunaan antibiotika dan bahan kimia pada hewan, bahkan beberapa ada yang merasa bahwa produk organik mempunyai rasa yang lebih enak dan tentu saja banyak yang beranggapan produk organik lebih sehat untuk kehidupan.

 
Foto: Hewan © La Budza

Salah satu keistimewaan, yang akhirnya menjadi keunggulan produk organik ada di pengolahan bahan mentahnya. Hewan potong tidak boleh divaksin dengan obat perubah genetik, antibiotika, dan hormon tambahan yang membuat hewan menjadi lebih gemuk dan akhirnya tidak baik untuk kesehatan manusia karena mengandung bahan kimia berbahaya.

Begitu pula pada produk sayur dan buah, tanaman tidak boleh sama sekali diberikan pestisida. Padahal pada produk non organik, dalam satu tahun tanaman tersebut disiram pestisida hampir 29 kali. Tentu saja hal tersebut dapat mengubah mineral-mineral yang terkandung pada tanaman tersebut.

 
Foto: Pasar Sayur dan Buah © La Budza

Beberapa hal di atas menyebabkan harga produk organik menjadi lebih mahal dibandingkan dengan produk non organik, karena petani harus merawat tanaman dan hewannya dengan baik agar kualitasnya selalu terjaga. Dengan demikian harga produk orgnik akan lebih mahal 30% dari anorganik. Perbandingan harga yang lumayan signifikan inilah yang membuat beberapa orang di Jerman tidak mengkonsumsi produk organik.

Walaupun demikian, produk ini semakin diminati. Di Jerman produk organik tidak hanya mencakup produk makanan dan minuman, namun juga produk tekstil, seperti pakaian sehari-hari, boneka, seprai, sampai popok bayi. Semua produk ini berasal dari alam, yaitu di antaranya kain katun organik yang berasal dari benang dan juga sutera organik. Semua bahan ini tentu saja harus melewati pengolahan yang sehat.

Berbeda dengan beberapa tahun lalu, produk organik hanya dapat dibeli di toko khusus yang menjual produk organik. Saat ini produk organik sangat mudah dan dapat ditemukan di mana saja, seperti di pasar tradisional, supermarket, dan toko grocery di Jerman. Bahkan tidak jarang beberapa orang memilih untuk langsung membelinya langsung di ladang organik.

Demikian juga dengan produk tekstil, produk tekstil organik ini dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko baju di Jerman, bahkan di toko baju asal Swedia yang terkenal mempunyai harga murah dan digandrungi anak muda.

Tertarik untuk memulai hidup sehat dengan bahan-bahan organik?

Source : http://blog.goethe.de/lajuman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar