Rundfunkbeitrag

 
Foto: Goethe-Institut/Bernhard Ludewig

Setelah beraktivitas seharian, tentu saja kita membutuhkan hiburan. Menonton televisi dan menikmati siaran radio merupakan pilihan karena tidak hanya menghibur, tetapi juga mengandung banyak informasi penting. Media-media tersebut dapat menjadi alternatif belajar bahasa dan kultur Jerman yang menyenangkan.

Bila Anda tinggal di Jerman dan memutuskan untuk memiliki televisi ataupun radio, ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu setiap rumahtangga atau perusahaan di Jerman yang memiliki televisi, radio, komputer dengan sambungan internet, ataupun smartphone diwajibkan membayar Rundfunkbeitrag. Rundfunkbeitrag adalah iuaran penyiaran yang diberlakukan oleh pemerintah Jerman untuk penyiaran stasiun televisi ARD dan ZDF dan juga radio Deutschlandradio.

Stasiun-staisun televisi dan radio ini termasuk dalam penyiaran umum. Dana penyiarannya didapatkan dari pemerintah dan juga iklan, oleh sebab itu stasiun tv dan radio ini wajib menyiarkan program yang bersifat netral (politik) dan program pendidikan.


 
Foto: Goethe-Institut/Larissa Vogl

Dulu setiap orang harus membayar jumlah tertentu untuk setiap alat penyiaran yang mereka miliki. Peraturan baru yang berlaku saat ini dinilai lebih memudahkan orang-orang yang tinggal di Jerman dan juga untuk pengawasan pembayaran, karena di era modern ini orang-orang juga dapat menonton siaran televisi lewat komputer ataupun smartphone.

Pada tanggal 1 Januari 2013 diberlakukan peraturan baru, yakni setiap rumahtangga dan perusahaan wajib membayar Rundfunkbeitrag sebesar 17,98 Euro perbulan. Iuran ini dibayarkan untuk berapapun jumlah alat penyiaran yang dimiliki, termasuk jumlah orang yang menggunakan. Sedangkan untuk perusahaan berlaku sistem yang berbeda, yakni semakin besar sebuah perusahaan, semakin besar pula Rundfunkbeitrag yang dibayar.

Rundfunkbeitrag tidak dibayar setiap bulan, namun Anda dapat memilih apakah akan dibayar setiap empat bulan/enam bulan/setahun sekali. Orang-orang dengan keterbatasan ekonomi dan kesehatan mendapatkan potongan atau bahkan dibebaskan dari kewajiban pembayaran Rundfunkbeitrag. Misalnya orang dengan cacat dan perusahaan dengan jumlah karyawan kurang dari 8 orang hanya perlu membayar sepertiga dari tagihan saja, yaitu 5,99 Euro per bulan.
Rumahtangga dan perusahaan, baik yang menikmati atau tidak program-program dari ARD, ZDF, ataupun Deutschlandradio harus mendaftarkan diri melalu situs Rundfunkbeitrag. Di situs tersebut Anda dapat memilih cara pembayaran Rundfunkbeitrag yang sesuai dengan keadaan Anda.

 
Foto: Goethe-Institut/Bernhard Ludewig

Setiap jatuh tempo Anda akan mendapatkan tagihan Rundfunkbeitrag. Hal tersebut sifatnya wajib, karena nama Anda sebenarnya sudah terdaftar saat mendaftarkan diri di Einwohnermeldeamt (sejenis kantor pemerintah, tempat penduduk baru atau akan pindah lapor diri). Bila Anda tetap tidak membayar, suatu saat iuran tersebut akan ditagih langsung oleh petugas dari Rundfunkbeitrag.
Dengan adanya peraturan yang sangat ketat ini, tentu saja semua orang berharap pelayanan yang diberikan oleh stasiun televisi dan radio tersebut akan semakin baik dan menghibur para penikmatnya.

Source : http://blog.goethe.de/lajuman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar