Berangkat dan Tiba di Bandara Jerman (Frankfurt am Main)

Source : click here!

Alhamdulillah saya masih bisa menulis blog ini. Saya ingin ceritakan pengalaman saya berangkat dari Indo dan tiba di Jerman. Saya berangkat pada tanggal 15 Agustus 2014, take off jam 4 dini hari WIB di Bandara Soekarno Hatta menggunakan maskapai Q*t*r Airways. Mata rasanya engga ngantuk karena sudah tertarik banget. Bersyukur banget karena pada hari itu saya diantar oleh keluarga saya dan beberapa teman main rumah saya. Maaf saya sampaikan pada teman-teman dekat saya yang tidak saya kabari dikarenakan sangat-sangat repot mempersiapkan barang-barang bawaan untuk kesana. Ini kedua kalinya perjalanan saya ke luar negeri. Tapi saya masih agak grogi, kenapa grogi? Soalnya saya sendirian. Saya juga lupa gimana itu transit versi pesawat dan kapan harus turun/naik pesawat. Takut aja ketinggalan pesawat atau bahkan nyasar ke lain negara haha. Gak ada siapa-siapa, gak ada barengan. Sedih ya. Tapi saya pikir saya bisa tanya orang, kalau saya tidak tahu dan yakinkan dalam hati "all is well". Sampai di bandara Soekarno Hatta jam 2 dini hari, dan mulai mencari informasi tentang penerbangan saya. Kebetulan saya sudah check in online, jadi saya tinggal fast drop baggage, keuntungannya mengantri lebih sedikit dan sangat praktis. Kalau kalian belum check in, bersiaplah antrian akan panjang haha. Naudzubillah.

Oke, pertama pastikan barang bawaan entah itu koper, ransel, tas untuk paspor tidak lebih muatan dari yang sudah ditentukan oleh maskapai penerbangan kalian. Biasanya maskapai memberikan 25-30 Kg untuk dibagasi dan 5-7 Kg untuk dikabin. Jangan sampai barang yang kalian bawa melebihi muatan, karena akan menyusahkan kalian sendiri nantinya untuk mensortir barang yang harus ditinggal. Pengalaman saya, koper saya 33 Kg sedangkan maksimum 30 Kg, hmm akhirnya saya harus meninggalkan beberapa barang. Pegangan koper saya juga jebol karena buru-buru dan agak panik karena terlalu banyak barang yg saya bawa. Disarankan utamakan barang elektronik, lainnya bisa kalian prioritaskan, mana yg paling penting buat kalian masukkin kekoper deh. Untuk lebih lengkapnya lihat post tentang Packing ke Jerman.

Setelah check in dan fast drop baggage, kalian bisa menunggu diruang tunggu sampai waktu keberangkatan tiba. Segera menuju ke imigrasi dan pengecekan, disini kalian dicek paspor, tiket pesawat dan ditanya tanya mau ngapain kesana. Kalian jawab bisalah yaa. Kalau kalian sudah masuk imigrasi, kalian tidak bisa keluar lagi. Jadi ucapkan selamat tinggal pada keluarga dan teman-teman posisi yang oke di tempat fast drop baggage, biar nggak rusuh. Biasa pasti pada nangis2 kan, mulai deh drama. Padahal mah beneran sedih, karena kita benar-benar akan berjuang demi bangsa, agam, keluarga dan teman-teman.  Setelah melewati imigrasi kalian akan melanjutkan ke pos berikutnya untuk pengecekan tas dikabin juga paspor visa dll. Nah pada akhirnya kalian dipersilahkan duduk diruang tunggu, disana kalian tinggal menghitung menit buat masuk kedalam pesawat yang lagi dipanasin haha. Waktunya tiba. Kalian bisa masuk kedalam pesawat. Ada pramugari yang tinggi semampai menawan menanyakan nomor tempat duduk kamu, so jangan khawatir. Saya duduk paling pojok kanan pesawat dan sebelah saya bule haha. Enak si duduk sebelah pojok, waktu itu kebetulah kursi pojok kosong, yaudah saya memilih pojok haha. Supaya bisa liat pemandangan atas langit dengan jelas. Yeay! Memang agak takut sih naik pesawat soalnya waktu itu booming banget berita pesawat jatuh, saya berdoa kepada Allah supaya tidak terjadi hal yg mengerikan itu. Oiya dipesawat saya dikasi makan pagi siang malam. Pokonya enak deh makanannya juga halal jadi ngga usah khawatir. Untuk solatnya bisa duduk, karena tidak ada ruang solat. haha. Wudhunya bisa tayamum kalo gak mau ribet ke toilet yang jauh dibelakang. Sepanjang perjalanan saya cuma dengerin lagu karena gak pengen nonton film. Pikiran saya udah takut kemana-mana. Mikir Aufnahmeprufung trus kalo gak lulus gimana? di deportasi lah dsb. Saya udah puyeng mikirin hal-hal yang belum saya lakuin. Banyak nasihat dr keluarga, lakukan saja, jangan terlalu dipikirin, nanti malah pusing. Sudah lama di pesawat dan melihat awan biru pagi yang indahnya luar bisa. Lucu gitu liat semua dari atas, semuanya serba mini kecuali lautan yang luas bgt. Mobil, truk jalanan jadi kecil haha. Norak banget sih gw. wkwk. Harap maklum ya, namanya juga pengalaman pertama. Ya kamseupay lah.

Siap-siap landing di Frankfurt. Akhirnya sudah sampai ditanah Jerman. Melihat-lihat dari atas kota Frankfurt. Landingnya maghrib waktu itu. Langsung bingung karena saya gatau yg bakal jemput siapa. Soalnya mbak Dhana (Kakaknya Anindita Janottama) tidak bisa jemput saya, karena lagi kerja gitu di Aachen. Saya cuma harep dijemput karena saya gatau apa2 tentang naik kereta dijerman. hiks. Keluar dari imigrasi di Jerman, paspor di cap dan ditanya-tanya lagi. Apa tujuannya kesini? Harus bisa jawab minimal. Ich mochte in Deutschland studieren. haha.Abis itu cari koper deh. Koper saya ungu, emang anti mainstream sih warnanya, tapi nyarinya gampang kok. Jangan warna item dah, banyak banget warna item sumfah. Lama juga nungguin koper keluar loh. Abis itu kontak sama mba Dhana, yang bisa jemput Islam namanya. Dia kebetulan langsung manggil saya pas arah keluar, untungnya saya ga kemana-mana. Keluar dikit dan diem ditempat. Oiya waktu itu agak takut sih, kalo orang Jerman punya anjing gede banget. Ngeri haha. Abis itu langsung ke mesin tiket deh, buat beli tiket dr Frankfurt ke Nordhy. Kebetulan Islam tinggal di Nordhy juga. Pas liat mesin tiketnya, bingung banget, karena pilihannya banyak sekali. Tapi Islam ngajarin kok. Terus ternyata kereta tujuan adanya malem gitu jam 11an, yaudah deh terpaksa naik kereta malam, jug ijag ijug ijag ijug* joged. Capek sih nunggu lagi dari maghrib jam 21.30, yaudah mampir ke McD deh, duduk disana dan beli makan. Abis itu kelar makan, langsung ke Peron atau Gleis kereta tujuan. Asli keretanya nyaman banget. Bisa tidur dengan nyenyak.