Beasiswa Erasmus Mundus

Erasmus Mundus bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi melalui beasiswa dan kerjasama akademis antara Eropa dan negara-negara lain di seluruh dunia. Dengan pendanaan dari Uni Eropa (UE), program Erasmus Mundus memberikan bantuan hibah untuk berbagai lembaga dan beasiswa untuk para individu. Dana tersebut tersedia untuk:
  • Program studi tingkat Magister dan Doktoral (termasuk beasiswa untuk mahasiswa pada beberapa tingkatan, yaitu S2 dan S3, serta untuk dosen).
  • Kemitraan dengan lembaga-lembaga pendidikan tinggi dari luar Eropa (termasuk beasiswa untuk mahasiswa pada semua tingkatan, yaitu S1, S2, S3, dan pasca-sarjana, serta untuk dosen).
  • Proyek-proyek untuk mensosialisasikan pendidikan tinggi eropa ke seluruh dunia.

Beasiswa Erasmus Mundus adalah bantuan hibah yang bertujuan untuk mendorong dan membuka kesempatan bagi mahasiswa lulusan S1 dari negara-negara ketiga untuk mengikuti Program Magister Erasmus Mundus/EMMC (Erasmus Mundus Master Courses) tertentu di Eropa dalam kurun waktu satu hingga dua tahun. Tidak hanya untuk mahasiswa, tersedia pula dana untuk para dosen guna melaksanakan tugas mengajar atau penelitian dan kegiatan ilmiah di lembaga-lembaga yang turut serta dalam EMMC untuk kurun waktu maksimum tiga bulan.


Yang Dapat Turut Serta:

Mahasiswa
  • Kategori A
    • Warga asal negara-negara ketiga*
    • Tidak terdaftar sebagai penduduk di negara anggota UniEropa manapun
    • Belum pernah melakukan kegiatan utamanya (kuliah, bekerja, dll) di negara anggota Uni Eropa manapun selama lebih dari 12 bulan dalam lima tahun terakhir
    • Telah menyelesaikan tingkat S1. Bagi mereka yang telah mendapatkan gelar kesarjanaan pada tingkat akademik yang lebih tinggi, mereka juga dapat mendaftar pada EMMC selama kriteria penerimaan untuk program tersebut membolehkannya
    • Telah diterima atau telah terdaftar pada salah satu EMMC.


  • Kategori B
    • Warga negara Eropa
    • Warga asal negara-negara ketiga yang tidak memenuhi persyaratan mahasiswa sesuai kategori A
    • Telah menyelesaikan pendidikan tingkat 2. Bagi mereka yang telah mendapatkan gelar kesarjanaan pada tingkat akademik yang lebih tinggi, mereka juga dapat mendaftar pada EMMC selama kriteria penerimaan untuk program tersebut memperbolehkannya
    • Telah diterima atau telah terdaftar pada salah satu EMMC.

  • Dosen
    • Dosen yang berasal dari perguruan tinggi di negara anggota Uni Eropa, dan tidak terdaftar sebagai penduduk di negara anggota Uni Eropa
    • Dosen yang berasal dari perguruan tinggi di eropa
    • Memiliki pengalaman akademik dan/atau profesional yang sangat baik
    • Diterima oleh program EMMC berdasarkan ketentuan seleksi dosen.


*)Ket: Warga asal negara ketiga adalah warga negara yang berasal dari semua negara selain dari:
  • Negara-negara EEA-EFTA (Islandia, Liechtenstein, dan Norwegia)
  • Turki, negara-negara Balkan barat (Albania, Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Kosovo, Republik Makedonia bekas Yugoslavia, Montenegro, dan Serbia), atau Swiss.



Nilai Beasiswa yang Diberikan

Beasiswa Erasmus Mundus yang diberikan kepada mahasiswa adalah untuk selama periode EMMC, dengan jangka waktu maksimim dua tahun. Beasiswa mencakup biaya perjalanan, biaya kuliah, tunjangan bulanan, akomodasi, dan lain-lain.

Beasiswa untuk dosen adalah untuk periode tiga bulan dan mencakup akomodasi, tunjangan bulanan, biaya perjalanan, dan lain-lain.

Beasiswa dibayarkan langsung kepada para penerima beasiswa melalui Konsorsium. Berikut ini informasi tentang jumlah beasiswa yang diberikan:

Mahasiswa:
Kategori A
 € 24.000 per mahasiswa untuk program pendidikan satu tahun.
€ 48.000 per mahasiswa untuk program pendidikan dua tahun.

·         Kategori B
€ 10.000 per mahasiswa untuk program pendidikan satu tahun.
€ 23.000 per mahasiswa untuk program pendidikan dua tahun.

Dosen:
€ 48.800 per dosen untuk periode tiga bulan.


Cara Mengajukan Permohonan

Pengajuan aplikasi untuk mengikuti EMMC dan mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus harus disampaikan langsung ke Konsorsium Magister Erasmus Mundus yang menawarkan program yang diminati. Surat permohonan tidak dapat diajukan ke Komisi Eropa.

Persyaratan khusus dan kriteria penerimaan, misalnya hasil studi, kemampuan bahasa, dll ditentukan oleh masing masing Konsorsium. Persyaratan yang ditentukan antara satu konsorsium dengan konsorsium lainnya dapat berbeda.
Daftar EMMC dapat dilihat di: http://bit.ly/EM-emmc


Batas Waktu Pengajuan Permohonan

Periode pengajuan aplikasi biasanya mulai dibuka pada bulan September atau Oktober. Batas waktu pengajuan aplikasi antara satu EMMC ke yang lain biasanya juga berbeda dan ditentukan oleh Konsorsium. Batas waktu dapat berkisar dari awal bulan Desember hingga akhir bulan Januari. Sedangkan tahun akademis EMMC biasanya dimulai antara bulan Agustus dan November. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di situs EMMC.


Proses Seleksi

Konsorsium Magister Erasmus Mundus* akan menyeleksi mahasiswa dan dosen yang mengajukan permohonan berdasarkan atas Daftar Riwayat Hidup (CV), prestasi studi dan akademik, motivasi, rekomendasi, kemampuan bahasa, dan sebagainya.
  1. Konsorsium mengusulkan daftar pemohon yang lulus seleksi ke Kantor Pusat Komisi Eropa di Brussels untuk mendapatkan persetujuan terakhir (di akhir bulan Februari).
  2. Komisi Eropa memberikan persetujuan atas seleksi tersebut dan mengalokasikan hibah (di akhir bukan Maret).
  3. Konsorsium akan menyampaikan kepada para pemohon tentang diterima atau tidaknya mereka dalam EMMC dan diberi atau tidaknya beasiswa (biasanya pada bulan Mei).

*)Ket: Konsorsium Magister Erasmus Mundus adalah suatu kelompok yang terdiri atas sekurang-kurangnya tiga lembaga pendidikan tinggi dari tiga negara eropa yang berbeda yang telah dipilih oleh Komisi Eropa untuk melaksanakan EMMC.



Apakah Beasiswa Erasmus Mundus dapat Berlaku untuk Program Magister Lainnya?

Tidak. Beasiswa Erasmus Mundus secara eksklusif ditujukan untuk EMMC. Dengan kata lain, beasiswa tersebut tidak berlaku untuk mahasiswa dan dosen yang telah diterima oleh program magister lainnya di eropa. Akan tetapi, tidak semua mahasiswa yang diterima dalam EMMC akan menerima beasiswa Erasmus Mundus. Masing-masing Konsorsium Magister Erasmus Mundus menentukan mahasiswa mana yang akan menerima beasiswa.


Sumber:
Brosur “Beasiswa Erasmus Mundus” dari Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, Brunei Darussalam, dan ASEAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar