Membuat Rekening Deutsche Bank

Salah satu syarat untuk studi di Jerman adalah siswa mempunyai bukti kemampuan finansial yang cukup. Hal ini ditunjukkan dengan membuka rekening khusus untuk mahasiswa di Deutsche Bank. Siswa membuka blocked account yang diperuntukkan untuk mahasiswa, dan sebelum mengajukan visa mengisinya dengan minimal 8.040 Euro, yang akan dipakai untuk biaya hidup siswa selama satu tahun. Setiap bulan siswa hanya bisa mengambil sebanyak 670 Euro dari blocked account ini (8.040/12 = 670). Untuk mengambil lebih banyak maka siswa perlu mentransfer jumlah yang lebih banyak dari 8.040 Euro. Karena pembuatan rekening di Deutsche Bank ini tidak memerlukan syarat-syarat khusus seperti bukti penerimaan universitas atau bukti kelulusan Studienkolleg. Nah, begini step by step cara membuat rekening di Deutsche Bank.
  • Mengisi formulir. Bisa diperoleh dengan mengirim email ke pihak Deutsche Bank (db.student@db.com), menyatakan akan membuka rekening blocked account, dan meminta formulir pembukaan rekening (bisa dalam bahasa Inggris), atau bisa mendownload formulir ini dalam bentuk pdf di sini. Formulir ini bisa diisi dengan komputer atau tulis tangan, tapi lebih rapih diisi oleh ketikkan komputer. Setelah itu formulir di print dan JANGAN ditanda tangan dulu.
  • Menyiapkan dokumen. Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan antara lain fotokopi paspor, formulir permohonan dan paspor asli. Untuk siswa yang masih belum berumur 18 tahun perlu melampirkan fotokopi akte kelahiran, akte kelahiran asli, akte kelahiran terjemahan bahasa jerman, paspor orang tua/KTP orang tua dan fotokopinya. SEMUA DOKUMEN HARUS DIFOTOKOPI 1 RANGKAP & BAWA DOKUMEN YANG ASLI.
  • Datang ke Kedutaan. Semua dokumen diatas dibawa ke kedutaan Jerman di Jakarta yang berada di jalan MH Thamrin 1 (Bundaran HI, sebelah Hotel Mandarin) ke bagian konsuler (lantai 1) bukan yang naik tangga, tapi yang pintu kaca disamping tangga. Untuk bagian konsuler tidak perlu membuat appointment sebelumnya. Nanti saat datang di kedutaan hindari membawa barang yang tidak perlu, karena barang-barang kamu (HP, Tab, Laptop, dompet, dll.) harus dititipkan di satpam kedutaan. Usahakan untuk datang sepagi mungkin untuk menghindari antrian, kalau bisa hari jumat pagi itu sangat sepi. Perlu diingat, kedutaan Jerman tutup sekitar jam 3 sore. Setelah masuk ruang konsuler, disebelah kiri ada tombol, silahkan kalian pencet untuk dapetin nomor antrian. Setelah itu duduk antri, dan memperhatikan nomor urut, sehingga kalau dipanggil langsung menghadap. JANGAN MELAMUN, karena nanti akan diteriakin, memang ada yang judes/jutek/galak yang melayani. Tapi kalau kalian bawa semua persyaratannya engga kena marah kok justru baik dengan pembawaannya tegas. Pembuatan rekening sendiri dikenakan 20 Euro (500-600rb) dan untuk anak dibawah umur sekitar 1jt-1,2jt. Saat saya membuat rekening DB (10 Januari 2014), saya dikenakan biaya Rp. 510.000, sedangkan teman saya yg belum 18+ Rp. 1.190.000. Di kedutaan dokumen ini akan ditanda tangan dan disahkan.
  • Mengirim semua dokumen yang telah disahkan ini per pos (bukan scan / email) ke Deutsche Bank (alamatnya ada pada form DB dipaling depan, untuk lebih updatenya silahkan tanyakan pada petugas kemana kalian harus mengirim dokumennya). Bisa pake POS INDONESIA, DHL, TOLL dll (dari kedutaan ada kantor pos terdekat, coba tanyakan satpam kedutaan atau cari plang kantor pos). Setelah kira-kira 1-2 minggu pemohon akan mendapatkan email dari Deutsche Bank yang berisi berita bahwa rekening telah dibukakan, nomor rekening kamu dan beberapa informasi lainnya. Yang perlu kamu lakukan setelah itu adalah mentransfer uang 8.090 Euro tersebut melalui bank yang ada di Indonesia sebagai bukti keuangan untuk mengajukan visa. Kenapa 8.090 Euro sih? Karena biasanya untuk transfer keluar negeri biayanya 30-40 Euro, jadi supaya udangnya 8.040 Euro diakun bank kamu, tambahin 40 Euro. Waktu transfer uang sekitar 3-4 hari, jika sudah transfer nanti akan dikirimkan email oleh Deutsche Bank. Dokumen itulah yang menjadi salah satu syarat untuk kamu apply visa.
Informasi selengkapnya bisa diperoleh dengan mendownload pdf ini

Source : http://therookieadvisor.blogspot.com/

42 komentar:

  1. Balasan
    1. Guten Tag!
      saya menyarankan transfer menggunakan kartu atm (uang rupiahnya sudah dimasukkan ke rekening bank indo) jadi lebih aman. Bisa juga transfer tunai, dgn membawa uang rupiahnya, tapi ini cukup beresiko.

      Hapus
  2. mas dapat formulir pembukaan bank dimana ? saya sdh mengirim email ke db student

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Ijul!
      Coba cek link ini, kemudian cari forms dan klik.. disitu ada bbrp macam formulir.
      https://www.deutsche-bank.de/pfb/content/privatkunden/konto_international-students-en.html#myaccordion_10766

      Hapus
  3. Halo mas, saya mau tanya. Saya kirimnya ke DB Hamburg dan bukan Leipzig. Itu gimana ya? Krn banyak yg bilang untuk kirim ke DB Hamburg dan bukan Leipzig. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo! pengalaman saya saat membuat rekening DB, saya diarahkan oleh petugasnya untuk mengirimkan dokumen yg telah dilegalisir ke alamat bank yg ada di lembar awal formulir, yaitu

      Deutsche Bank
      Privat- und Geschäftskunden AG
      Frankfurter Straße 1
      04024 Leipzig
      Germany

      namun utuk lebih updatenya, coba nanti tanyakan saat Anda legalisir dibagian konsuler, kemana Anda harus kirim dokumennya.

      Hapus
  4. Hi Habibi ..... mohon info donk.. Untuk membuka rekening di DB . Apa saya harus datang sendiri atau bisa di wakilkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo! Pengalaman saya org yang bersangkutan memang harus datang ke kedutaan, dan jika berumur 18- mengajak kedua orang tuanya. Coba lebih lanjut cek dokumen pembukaan rekening website kedutaan.

      Hapus
  5. Vielen dank..artikelnya membantu sekali.. (Y)

    BalasHapus
  6. kak, mo tanya, yg Db form 18+ bagian myuniversity dan location boleh dkosongin gak kalo belom ad zullasung trus mau di legalisir dlu d embassy? trus yg c/o address harus sesuai ktp ap boleh alamt lain kak? danke~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo !
      1. Boleh, karena blm ada Zulassung
      2. Alamat boleh mana aja, asal lengkap, karena akan dapat surat2 Deutsche Bank nantinya.
      goodluck!

      Hapus
  7. Hallo, saya intan, saya mau nanya nih, untuk transfer uang ke deutch bank bisa ngga 5 bulan setelah ada email bahwa rekening kita sudah di bukakan? Untuk mas sendiri waktu itu berapa bulan atau hari waktu ngirim ke anccount banknya setelah dapat email bahwa rekeningnya sudah di bukakan? Mohon informasinya termakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Intan,
      saya setelah 3 bulan baru transfer, sy kurang tau, apakah bisa atau engga, kalau lebih dari setahun baru transfer, kalau bisa segera lebih baik. Bitte!

      Hapus
  8. Hallo saya intan, saya mau nanya, bisa ngga uang yang untuk jaminan kita hidup di jerman itu di kirin setelah 5 bulan kita menerima bahwa rekening kita sudah di bukakan oleh deutsch bank? Kalo mas sendiri waktu itu berapa bulan ngirim ke bank nya? Mohon informasinya terimakasih banyak

    BalasHapus
  9. Halo saya farras, saya sudah mengirimkan formulir pembukaan rekening db ke alamat yg dituju sesuai di formulir, saat itu saya bertiga bersama teman saya mengirimnya dalam satu paket DHL karena tujuan alamat nya sama semua. Diantara kita bertiga seminggu kemudian, satu teman saya sudah dibuka kan rekeningnya oleh db, sedangkan punya saya dan teman saya belom jadi sampai skarang, yang hampir kurang lebih sudah 3 minggu. Yang saya bingung, apakah ada hambatan yang membuat pembukaan rekening db saya dan temen saya jadi agak lama ya ? Padahal di konsuler saya mengisi nya barengan dengan teman" saya, data" semua sudah benar dan lengkap. Mohon informasinya, Vielen Dank :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Farras! Berhubung pihak Deutsche Bank mengurus pembukaan rekening dr mahasiswa berbagai negara, jadi tunggu dapat email baiknya, pihak kedutaan pun tidak mengetahui sudah sampai mana pembuatannya, atau kalau mau coba contact DB nya silahkan disini "https://www.deutsche-bank.de/pfb/content/privatkunden/konto_international-students-en.html#myaccordion_12586"
      Good luck!

      Hapus
  10. Salam kenal Bang Ikhsan,

    Artikelnya bermanfaat sekali, terima kasih sudah di publish hehe

    Saya mau tanya Bang, saya ada rencana mau buka rekening di DB untuk persiapan studi, kebetulan saya dapat sponsor orang Indo yg sedang menetap di Jerman. Nah pertanyaannya, bisa gak ya transfernya uangnya dari Jerman (dari pihak sponsor), atau harus di transfer di Indonesia dalam bentuk rupiah? Rentang waktu untuk transfer dari dibuka rekening biasanya berapa lama ya? Mohon informasinya, vielen dank!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Ardi!
      1. Bisa, jika transfer uang Jerman-Jerman.
      2. Waktunya biasanya 3-5 hari sampai uangnya masuk ke rekening.

      viel Glück!

      Hapus
  11. Hallo Habibi,
    Danke fuer Artikelnya. sangat bermanfaat.
    Ada kolom yang mencantumkan Steuer-ID Nummer,untuk yang belum punya NPWP, harus buat dulu ya?
    Mohon Invormasinya
    VG
    Djk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo maaf baru bls ya,
      untuk buat akun DB? enggak perlu kok.
      bitte

      Hapus
  12. Halo, untuk dapet email konfirmasi dariDB, kita harus deposit 8040 atau 8090 ya? 50 Euro untuk fee?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo non, iya bener. 50 untuk fee. Jadi transfer 8090. Viel Erfolg!

      Hapus
  13. Halo, apa benar kalau ingin kuliah di Jerman dan ingin membuka Deutsche Bank, harus ada Zulassung dari Sprachkurs disana dulu?

    Danke schön!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Fauzan!
      1. Mau kuliah di Jerman butuh Zulassung dari Uni/Sprachkurs dan Rekening Deutsche Bank.
      2. Mau membuka rekening Deutsche Bank butuh paspor.
      Untuk lebih lengkapnya cek diwebsite kedutaan jerman di indonesia ok.
      Viel Erfolg!

      Hapus
  14. Hallo ka Ikhsan, saya Nicho mau tanya dong, tanggal 15 July saya udah bikin block account, tp sampai sekarang belom ada kejelasan, belom ad konfirmasi via email maupun surat apapun dari pihak DB. Apakah memang selama ini? bisa ngga saya datang lagi ke konseler buat menanyakan hal ini? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Nicholas!
      Pertama coba kamu email dulu pihak deutsche bank (klik yang kontak formular dan lanjut dgn nicht kunde)
      https://www.deutsche-bank.de/pfb/content/pk-konto-und-karte-internationale-studenten.html?pfb_tab=34012-34013&pfb_toggle=34613-34621,34613-34662,34613-34660,34613-34615,34613-34669

      Setelah itu baru ke kedutaan untuk menanyakan. In der Regel seharusnya kamu sudah dapat seminggu setelah pengiriman dokumen. Tapi kalau daftarnya sebelum studi mulai memang agak dauert ein bisschen, karena banyak calon mahasiswa yg membuka rekening juga.

      Tetap semangat!

      Hapus
  15. Kak kalau rekening DB nya ditolak langkah selanjutnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Nabilah!
      Saran saya coba kontak pihak deutsche bank via email, tanyakan apa ada dokumen yg kurang dan mengapa di reject aplikasinya. Kalau boleh tau ditolaknya via email kah? Gruss

      Hapus
  16. Hallo, apakah kalau sudah memiliki Letter of Sponsorship harus membuka blocked account di DB (apakah LOS bisa digunakan sebagai bukti financial funding untuk syarat membuat vis nasioanl)?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Tiara,
      Setau saya bisa, selama suratnya dibuat di Jerman oleh orang yang bersedia mensponsori hidup selama di Jerman. Gruss

      Hapus
  17. hallo kak, mau nanya nih, kalo belum ada steuer id nummer saya harus isi apa ya di form deutsche bank nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Ricky,
      Steuer ID Nummer nanti sesampainya di Jerman akan di kasih tau. Jadi bisa dikosongkan kolomnya.
      Salam

      Hapus
  18. Hallo,
    Saya sudah mengisi Form, dan lain lain. Tapi pada saat kesana, saya disuruh untuk membuat bank statement, dalam Bahasa inggris dan mata uang Euro. Saat saya membuat dan menanyakan hal tersebut, Bank Statement bisa dalam Bahasa Inggris, namun tidak bisa dalam Mata uang Euro, mohon bantuannya.
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Handitiya! Maksudnya bank statement gimana ya? Jadi intinya buka rekening DB dulu, baru bisa transfer Euro ke bank. Nanti kalo uangnya sudah masuk bank, bukti dari DB dibawa saat apply visa. Gruss

      Hapus
  19. Hallo,

    Mau nanya anak saya tahun depan rencana mau daftar untuk kuliah di Jerman. Info yang dia dapat katanya kalo umur belum 18 ga bisa buka rekening? Mohin infonya bagaimana caranya termasuk untuk aplokasi nanti.
    Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Dedy, bisa kok, cuma harus ditemani orang tua saat ke kedutaan. Silahkan ke web ini
      https://www.deutsche-bank.de/pk/konto-und-karte/konten-im-ueberblick/internationale-studenten1.html?tp=forms&ae=parsys-tabs_copy_1250445051-tabsParsys-tabpanel_1536556080-tabPanelParsys-accordion-accordionParsys-accordionentry

      Hapus
    2. Terima kasih mas informasinya sangat membantu. Informasinya DB ini banyak potongannya nantinya dan ada satu bank lain yang juga authorized untuk buka blocked account. Bisa dapat info mengenai bank ini? Persyaratannya sama? Kata anak saya bank ini ga bisa menerima below 18?

      Hapus
    3. Kein Problem. Gerne. Saya pake DB Junges Konto, ngga pernah dapet potongan selama ini. Sebenernya bank apa saja seharusnya ada untuk anak 18 tahun, cuma dgn syarat dan ketentuan masing-masing bank. Ini bisa di cek bank-bank yang lain. Goodluck!
      http://banksgermany.com/top-11-german-banks-international-students/

      Hapus
  20. Hi Ikhsan,
    mohon pencerahannya, anak saya baru apply untuk buka rekening, dia ke X-patrio dan harus transfer EUR 8849, apakah ada perubahan untuk tahun ini ? Karena saya lihat harusnya 8040 ya
    dan beneficiarynya atas nama orang lain, ke DB Berlin.
    apakah ini pihak ketiga ?
    apakah sebaiknya kita buat sendiri, atau bisa lewat pihak ketiga ini ?
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Yuni!
      Sebenarnya X-patrio juga bisa, karena kerjasama dgn Deutsche Bank. Kita juga bisa bikin sendiri, hanya perlu ke Kedutaan Besar Jerman di Jakarta untuk pengecapan dokumen. Ini link nya :
      https://jakarta.diplo.de/blob/1892998/5aebcdad5dfde391f990b71eec962e4a/merkblatt-sperrkonto-data.pdf

      Goodluck!

      Hapus