Asuransi

 
Foto: Medikamente © Tri Rothbrust-Prasetyanti

Setelah berbagi pengalaman mengenai pengurusan dokumen pernikahan yang saya butuhkan untuk menikah dengan suami saya yang berkebangsaan Jerman, kali ini saya berbagi pengalaman tentang mengurus asuransi di Jerman.

Asuransi pertama yang saya urus di Jerman adalah asuransi kesehatan. Setiap orang yang tinggal di Jerman wajib memiliki asuransi kesehatan.
Asuransi kesehatan yang saya ikuti adalah asuransi keluarga (Familienversicherung). Saya tidak perlu membayar iuran per bulan, karena sudah termasuk iuran asuransi kesehatan suami, yang secara otomatis akan dipotong dari gaji brutonya per bulan.

Proses untuk mengurus asuransi kesehatan keluarga ini tidak terlalu repot. Saya dan suami cukup menghubungi pihak asuransi, kemudian kami menerima formulir yang harus dilengkapi. Lalu formulir tersebut kami kirim kembali ke pihak asuransi.

Sekitar satu bulan kemudian kartu asuransi kesehatan tersebut saya terima lewat pos. Kartu ini pun dapat langsung saya gunakan jika pergi periksa ke dokter.

Namun perlu diperhatikan bahwa bukan berarti dengan memiliki kartu asuransi kesehatan semua biaya ke dokter ditanggung 100% oleh asuransi. Tentunya ada beberapa hal yang tidak ditanggung oleh asuransi, seperti obat-obatan atau pemeriksaan kesehatan tertentu.

Selain asuransi kesehatan, saya juga memiliki dua asuransi pribadi lainnya yaitu: Private Haftpflichtversicherung dan Unfallversicherung.

Private Haftpflichtversicherung berguna bila kita tidak sengaja merusak barang milik orang lain. Ganti rugi atas kerusakan yang kita perbuat akan dibayar oleh asuransi ini.

Sedangkan Unfallversicherung atau asuransi kecelakaan tentu saja akan sangat membantu, apabila suatu saat kita mengalami kecelakaan dan memerlukan perawatan serta pengobatan rumah sakit.

 
Foto: Unfallvericherung © Tri Rothbrust-Prasetyanti

Jumlah uang yang harus dikeluarkan per bulan untuk asuransi tentunya tergantung dari jenis serta perusahaan asuransinya. Iuran per bulan yang saya keluarkan untuk Unfallversicherung (asuransi kecelakaan) sekitar 33 Euro dan 8 Euro untuk Private Haftpflichtversicherung.

Memang banyak sekali perusahaan dan jenis asuransi yang ditawarkan di Jerman, tergantung kebutuhan kita masing-masing. Sebelum memutuskan untuk memiliki asuransi pribadi selain asuransi kesehatan, kita harus mempertimbangkan dengan baik keuntungan dan mungkin kerugiannya.

Apabila sudah memutuskan untuk memiliki asuransi tersebut, kita juga perlu memperhatikan dan memahami surat kontrak perjanjian dengan perusahaan asuransi, misalnya bagaimana cara menutup asuransi tersebut. Jika diperlukan, kita dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan narahubung asuransi tersebut supaya terhindar dari kesalahpahaman di waktu mendatang.

-Tri

Source : http://blog.goethe.de/lajuman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar