Belanja di Jerman

 
Foto: Colourbox.de

Di Jerman tentunya kita menemukan berbagai jenis toko, pasar tradisional dan pusat-pusat perbelanjaan yang menyediakan segala keperluan kita.

Baik toko maupun pusat perbelanjaan di Jerman memiliki waktu buka tertentu dan biasanya waktu buka ini berbeda di setiap kota masing-masing negara bagian. Sebagai contoh : ada negara bagian yang menerapkan jam buka toko dari pukul 7 pagi sampai dengan pukul 8 malam. Di kota-kota besar terkadang toko-toko buka lebih lama, misalnya sampai pukul 10 malam atau ada juga toko yang buka sampai 24 jam. Sementara itu, ada pula toko-toko tertentu yang memiliki jam operasional yang lebih singkat, seperti toko roti.

Pada umumnya toko-toko dan pusat perbelanjaan yang ada di Jerman tutup pada hari Minggu. Jadi bagi para pembaca yang berniat jalan-jalan sambil cuci mata di pusat perbelanjaan pada hari Minggu di Jerman, segera urungkan niat ya! ;-)

Suasana belanja di Jerman juga agak berbeda. Pertokoan lebih banyak dibandingkan pusat-pusat perbelanjaan besar. Orang-orang di Jerman biasanya membeli barang-barang yang mereka butuhkan di toko-toko terpisah, misalnya membeli roti di toko roti, membeli daging di toko daging, membeli pakaian di toko pakaian.

Satu hal lagi yang berbeda adalah kita tidak akan mendapatkan plastik saat kita belanja, misalnya di supermarket. Oleh sebab itu kita harus membawa plastik atau tas belanja sendiri karena jika tidak, maka kita harus membelinya. Selain itu, troli yang disediakan di pusat perbelanjaan atau supermarket bisa kita gunakan dengan memasukkan koin 1 Euro dan koin tersebut dapat kita ambil kembali ketika kita sudah selesai belanja dan mengembalikan troli di tempat semula.

Selain mendatangi langsung tempat-tempat perbelanjaan, belakangan ini belanja online sedang menjadi tren di Jerman. Belanja online memang lebih praktis, namun tentunya harus tetap berhati-hati! Jangan sampai kena penipuan dan selain itu kita juga harus bijak dalam berbelanja ;-)

Source : http://blog.goethe.de/lajuman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar