Musim Panas



Cuaca adalah salah satu topik penting yang sering dibicarakan di Jerman, dimanapun dan kapanpun. Bahkan cuaca sering juga menjadi topik small talk dalam percakapan sehari-hari atau tak jarang juga dalam perkenalan. Cuaca yang terjadi di Jerman biasanya berubah-ubah dari waktu ke waktunya sesuai dengan waktu musim yang sedang berlangsung pada saat itu.

Pastinya di setiap siaran radio, tv, berita di koran, majalah, internet dan media-media lainnya selalu terdapat rubrik ramalan cuaca. Kadang ramalan cuaca ini berlaku untuk setiap harinya, tiga hari kedepan bahkan adapula yang memberikan sekilas prakiraan cuaca dalam seminggu ke depan. Sehingga seseorang dapat mempersiapkan segala sesuatunya sebelum bepergian.

Sebuah pepatah Jerman mengatakan: "Es gibt kein schlechtes Wetter, nur falsche Kleidung" yang berarti kita tidak bisa menyalahkan keadaan cuaca, baik panas, hujan atau badai sekalipun, namun yang ada adalah salahnya cara berpakaian, sehingga sebaiknya kitalah yang harus menyesuaikan pakaian yang dikenakan agar bisa menghadapi jenis cuaca apapun yang terjadi.

Musim apakah yang sekarang ini sedang berlangsung di Jerman?

Musim Panas

Waktu sekarang ini yaitu bulan Agustus adalah waktu-waktu terakhir dari musim panas. Tepatnya musim panas itu berlangsung dari bulan Juni, Juli dan berakhir di bulan Agustus. Adapun perbedaan waktu yang ada antara Jerman dan Indonesia saat ini adalah minus 5 jam, di sebut dengan waktu sommer.

Di musim panas ini seringkali kegiatan yang dilakukan lebih banyak diluar daripada beraktivitas di dalam ruangan. Mungkin bagi kita sedikit mengherankan bukan? Namun bagi orang Jerman musim panas adalah salah satu musim yang banyak dinanti-nantikan oleh banyak orang dikarenakan musim panas identik dengan temperatur cuaca yang semakin beranjak naik dari musim sebelumnya, hari yang lebih panjang dan cerah dengan lebih lamanya matahari bersinar dan banyaknya sinar matahari yang bisa diterima.

Selain itu musim panas identik juga dengan holiday baik itu sekolah, libur semester di universitas atupun cuti para pegawai. Oleh karena itu tak heran jika banyak orang Jerman yang bepergian di bulan-bulan ini ataupun hanya melakukan kegiatan-kegiatan ringan seperti berenang di pemandian terbuka, berjemur, berolahraga ringan, berjalan-jalan di taman kota atau bahkan hanya duduk-duduk bersama keluarga dan sahabat hingga malam hari. Ya, benar hingga malam hari; di musim ini matahari terbenam cukup lambat, yang pasti tidak terbenam sekitar jam 6 sore, layaknya di Indonesia.

Dikarenakan biasanya cuaca pada musim panas seringkali cerah dan panas, pakaian yang cocok digunakan pada musim ini adalah pakaian tipis yang sebaiknya bisa menyerap keringat. Suhu yang ada pada musim panas di Jerman sering berkisar antara 20°C, tapi terkadang juga bisa mencapai sekitar 30an°C. Namun tak ada salahnya jika payung beserta sweater tipis atau baju hangat yang tidak terlalu tebal dan syal menemani perjalanan kita karena pada musim panas tak berarti cuaca selalu ramah kepada kita. Lebih baik sediakan payung sebelum hujan!

Source : http://blog.goethe.de/lajuman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar