Membuka Rekening Bank

 
Foto: Goethe-Institut Indonesien

Memiliki rekening bank saat tinggal di Jerman sangat diperlukan, gunanya adalah untuk memudahkan kita dalam bertransaksi. Sama halnya dengan di Indonesia, Jerman juga memiliki berbagai jenis bank, baik swasta maupun milik pemerintah.

Lalu bagaimana caranya untuk membuka rekening bank di Jerman? Berikut pengalaman saya, ketika membuka rekening bank. Sebelum saya memutuskan untuk menggunakan jenis simpanan „Girokonto“, saya diberi penjelasan oleh narahubung bank mengenai berbagai jenis simpanan dan kelebihannya masing-masing.

Girokonto (Rekening Giro)
Jenis tabungan ini bermanfaat sekali untuk kegiatan perbankan sehari-hari seperti transfer, serta membayar iuran. Kemudian jika bekerja di Jerman, gaji Anda akan langsung ditransfer melalui Girokonto ini.

Syarat yang diperlukan juga sangat mudah, Anda hanya perlu menyertakan kartu identitas. Bagi orang asing seperti saya, saya harus menyertakan paspor atau Aufenthaltserlaubnis (ijin tinggal). Setelah proses administrasi selesai, saya mendapatkan nomor rekening serta EC-Karte (sejenis kartu ATM). EC-Karte dan PIN akan dikirim melalui pos ke alamat tujuan. Proses yang dibutuhkan kurang lebih satu minggu, setelah itu EC-Karte sudah dapat digunakan.

 
Online Banking ©Tri Rothbrust-Prasetyanti

Online Banking
Selain Girokonto, saya juga ditawarkan untuk menggunakan Online Banking. Pembuatan online banking tidak memakan biaya. Semua administrasi pembuatan online banking diurus oleh narahubung bank tempat saya membuat rekening. Setelah terdaftar menggunakan online banking, saya mendapatkan sebuah alat untuk melakukan transaksi online banking seperti transfer secara online dari rumah melalui internet , berupa TAN-Generator (Transaction Authentication Number – Generator).

Selain simpanan di atas ada juga jenis simpanan yang banyak dimiliki nasabah bank di Jerman, yang mungkin dapat berguna untuk seperti:

 
Foto: Goethe-Institut Indonesien

Sparbuch (Tabungan Simpanan)
Jika berencana untuk menyimpan uang, maka Sparbuch merupakan pilihan yang tepat. Berbeda dengan Girokonto, dengan Sparbuch Anda akan mendapatkan keuntungan berupa bunga bank. Tetapi untuk proses pengambilan uang juga tidak semudah mengambil uang di ATM, karena dengan Sparbuch ini Anda harus datang sendiri ke bank yang bersangkutan untuk melakukan proses tarik tunai.

Memang banyak sekali bentuk simpanan yang ditawarkan oleh bank atau kegiatan perbankan lainnya, maka dari itu Anda harus jeli untuk mempertimbangkan dengan seksama simpanan mana yang paling diperlukan, agar tidak kerepotan nantinya.

Semoga pengalaman saya dapat menambah informasi untuk para pembaca pada saat membuka rekening bank di Jerman.

-Tri-

Source : http://blog.goethe.de/lajuman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar