Bila Terjadi Masalah Selama di Jerman

Selama kuliah di Jerman, anak Anda tidak harus mengatasi masa-lahnya sendirian. Banyak terdapat bimbingan dan bantuan seputar masalah organisasi dan administrasi. Setiap perguruan tinggi di Jerman memiliki academic exchange service atau international office yang akan membantu mahasiswa internasional di Jerman. Para staf academic exchange service memberikan informasi tentang hal-hal yang harus diketahui mahasiswa di masa persiapan sebelum kuliah di Jerman. Informasi yang diberikan antara lain tentang pemilihan jurusan, persyaratan penerimaan, persiapan perkuliahan, ujian baha-sa Jerman, proyek magang, biaya kuliah dan perencanaan kuliah secara konkrit. Academic exchange service juga memberikan bantuan dan bimbingan setelah anak Anda berada di Jerman.

Beberapa perguruan tinggi di Jerman memiliki program bimbingan mahasiswa dengan tutor. Mahasiswa internasional mendapatkan bimbingan dari tutor pribadi yaitu mahasiswa Jerman yang telah berpengalaman. Para tutor membimbing dalam masalah yang berkaitan dengan administrasi, akademis dan bahkan masalah yang dihadapi mahasiswa sehari-hari dalam kehidupan di Jerman.

Perkumpulan mahasiswa Jerman juga memberikan dukungan terhadap mahasiswa internasional. Beberapa perkumpulan mahasiswa menawarkan paket pelayanan untuk mahasiswa internasional berupa asuransi kesehatan, tempat tinggal dan sarana lainya. Dengan adanya dukungan seperti ini, kehidupan mahasiswa internasional untuk memasuki perkuliahan baru menjadi lebih mudah. 

Selain itu, setiap perguruan tinggi di Jerman mempunyai ikatan perwakilan mahasiswa dan berbagai kelompok mahasiswa. Mereka semua memberikan bimbingan yang dapat membantu mahasiswa internasional dalam hal akademis maupun untuk memecahkan masalah sehari-hari. Mereka juga menyelenggarakan program bimbingan untuk mahasiswa baru pada masa orientasi. Hal-hal mengenai perkuliahan secara rinci dapat juga dikonsultasikan dengan para
dosen pada jam konsultasi.

Namun penting untuk diketahui, bahwa mahasiswa di Jerman ditun-tut untuk bersikap mandiri. Mahasiswa harus mampu untuk ber-tanggung jawab terhadap perkuliahannya sendiri. Artinya, perguruan tinggi memang menawarkan bimbingan dan fasilitas untuk memudahkan kehidupan akademis mahasiswa, namun mahasiswa harus bisa menggunakan fasilitas tersebut secara mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar