Tempat Tinggal Mahasiswa Internasional di Jerman

Mahasiswa di Jerman biasanya tinggal di asrama mahasiswa atau menyewa kamar atau rumah.

Tidak seperti di negara-negara lain, mahasiswa di Jerman tidak mendapatkan tempat tinggal secara otomatis dari perguruan tinggi. Hanya sedikit perguruan tinggi Jerman yang mempunyai fasilitas tempat tinggal untuk mahasiswa di lingkungan kampus. Tetapi biasanya perguruan tinggi Jerman memiliki asrama mahasiswa di luar kampus sebagai alternatif tempat tinggal yang paling murah. Untuk mendapatkan sebuah kamar di asrama, calon mahasiswa harus mengurusnya dengan pihak perguruan tinggi sedini mungkin.

Kemungkinan lain selain asrama adalah menyewa kamar atau rumah. Mahasiswa bisa menyewa kamar tidur kosong atau rumah yang lengkap dengan perabot. Yang paling diminati adalah menyewa rumah secara bersama untuk beberapa orang. Misalnya, satu rumah disewa oleh lima mahasiswa, masing-masing penyewa memiliki kamar tidur pribadi, namun kamar mandi dan dapur digunakan untuk seluruh penyewa. Keuntungan dari menyewa rumah secara bersama seperti ini terutama karena biayanya menjadi relatif murah.

Selain itu, mahasiswa mendapat kenalan baru dan yang juga penting adalah mahasiswa dapat mempraktikkan bahasa Jerman secara aktif. Informasi tentang tempat tinggal diberikan oleh Academic exchange service di perguruan tinggi setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar