Pasar Tradisional


 
Meskipun pusat pertokoan atau pusat perbelanjaan modern semakin menjamur saat ini dan tren belanja online juga semakin digemari, namun tetap saja ada beberapa barang kebutuhan sehari-hari yang mungkin tidak tersedia di tempat-tempat tersebut. Oleh karena itu, berbelanja di pasar-pasar tradisional menjadi sebuah alternatif tepat di Jerman. Berikut adalah beberapa jenis pasar tradisional yang ada di Jerman, serta barang-barang apa saja yang biasanya tersedia di pasar tersebut.

Wochenmarkt (Pasar Pekan)
Bagi para pembaca yang ingin membeli berbagai bahan makanan segar seperti sayur-sayuran ataupun buah-buahan yang biasanya langsung dijual dari hasil panen para petaninya, Wochenmarkt adalah tempat belanja yang tepat. Wochenmarkt adalah salah satu pasar tradisional di Jerman yang biasanya hanya dibuka setiap satu atau dua minggu sekali. Orang-orang lokal atau yang berasal dari daerah sekitar tempat diadakannya pasar pekan tersebut biasanya banyak yang membuka stan dan menjual berbagai jenis barang, terutama bahan makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, keju, ikan dan daging segar. Selain itu, terkadang ada juga stan yang menjual pakaian, sepatu dan berbagai macam bunga. Meskipun harga barang-barang di Wochenmarkt ini tidak begitu murah, namun produk-produk yang ditawarkan pada umumnya berkualitas tinggi.

Weihnachtsmarkt (Pasar Natal)
Natal merupakan salah satu perayaan besar di Jerman. Euforia menyambut natal biasanya sudah terasa sejak empat minggu sebelum hari natal tiba, terutama ketika Weihnachtsmarkt atau pasar natal mulai dibuka. Kita akan bisa melihat berbagai macam stan yang menawarkan berbagai jenis barang unik, pernak-pernik khas natal saat kita mengunjungi pasar natal di Jerman. Stan-stan yang menjual mainan anak-anak juga banyak dijumpai di pasar natal. Pohon natal dengan hiasan-hiasan cantik dan figur-figur khas natal juga selalu meramaikan suasana pasar natal di Jerman.

Flohmarkt atau Trödelmarkt (Pasar Loak)
Flohmarkt atau yang dikenal juga dengan sebutan Trödelmarkt adalah pasar loak di Jerman yang biasanya menyediakan barang-barang bekas seperti baju, sepatu, buku, peralatan rumah tangga. Bahkan sepeda dan juga barang-barang antik terkadang juga dapat kita temui di pasar ini. Stan-stan yang ada di pasar ini biasanya merupakan stan milik perorangan. Pasar seperti ini biasanya hanya ada di waktu-waktu tertentu, misalnya pada akhir pekan. Harga barang-barang yang ditawarkan di pasar ini sangat terjangkau. Bahkan, di pasar seperti inilah biasanya kita bisa sepuasnya melakukan tawar-menawar harga dengan si pedagang. Tapi jangan salah, meskipun barang-barang yang dijual di pasar loak di Jerman adalah barang-barang bekas, namun, barang-barang tersebut tentu saja masih dalam kondisi yang layak!

Source : http://blog.goethe.de/lajuman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar