Mengambil Visa di Kedutaan Jerman




Sebelumnya saya ceritakan pengalaman saya yg udah engga enak banget nungguin visa 2 bulan belum jadi-jadi. Tapi akhirnyaaaa, alhamdulillah visa saya jadi juga, kilas balik pada 19 Mei saya apply visa, dan tanggal 23 Juni saya ditelfon, dan hari ini tanggal 5 Agustus 2014, saya pergi ke Kedutaan Jerman jam 10 pagi dan ingin mengambil visa saya. Pastikan kalian bawa Kassenzettel/Abholnacweis/Kwitansi dan paspor asli. Sebelum saya mengambil visa, ternyata saya harus berikan paspor asli saya. Petugasnya akan menempel visa saya dipaspor saya dan disuruh menunggu sampai jam 1 siang. Saya mampir ke Masjid yang dekat dengan Sevel Taman Menteng, sekalian ibadah kemudian balik lagi ke Kedutaan jam 1. Lumayan jauh Masjidnya, tapi ya gapapalah lagi seneng, lupa kok capeknya. Ternyata di depan kedubes udah panjang antriannya, panas terik pula. Saran saya datanglah lebih awal dan antri pertama biar ngambil visa nya cepet dan gak kepanasan. FYI, saya ngambil visanya diluar ruangan, pas masuk kan saya diperiksa sama securitynya, nah tepat disekitar situ saya mengambil visa, ada pos kecil untuk petugas visa. Disitulah saya diberikan visa. Entah perasaan yang campur aduk, senang, capek, semuanya jadi satu dah. Percaya deh, dapet visa itu bener-bener kebayar semua perjuangan dari nol sampe dapet visa. Tapi perjuangan belum selesai, alias baru dimulai. :) Willkommen in Deutschland!

11 komentar:

  1. waktu apply visa study di kedutaan jerman apakah paspor kita di tahan selama 6-8minggu itu? atau bisa di bawa pulang?

    BalasHapus
  2. Hallo Donny! Pengalaman saya paspor dibawa pulang setelah apply visa, jadi nanti kalau visa sudah jadi tinggal bawa kwitansi pembayaran sama paspornya. Viel Glück!

    BalasHapus
  3. hallo ikhsan ! Mau nanya dong emang setelah apply visa selalu dibawa pulang ya? aku beberapa minggu kmarin apply visa nasional dan paspor ku ditinggal disana, katanya sih nnti bakal dikirim ke surabaya kalo dah jadi. Aku takut si petugas loketnya lupa nih :/ mnrt kamu mustinya gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Lukman! Kalo dulu paspor sy bawa pulang, karna saya renacanya ambil di Jakarta. Nanti kalo visanya sudah jadi, kamu seharusnya ngambilnya di Surabaya. Tinggal tunggu telpon aja kok. Viel Gluck!

      Hapus
    2. Halo ikhsan saya tunggu visa udah 5 minggu, pas dah sebulan aku email tanya visa saya,jawabnya silahkan tunggu suratnya sudah dikirim.. Tapi dah seminggu suratnya lim sampe padahal minggu depan tanggal pemberangkatannya

      Hapus
    3. Hallo, coba kamu telfon, bilang sudah menunngu seminggu dan berapa lama waktu yg dibutuhkan kira2 untuk sampai. Good Luck!

      Hapus
  4. Hallo Rizki!
    Bawa Kwitansi aja kok, sama bawa KTP mungkin ya. Buat jaga2.. haha
    viel Glück!

    BalasHapus