Tips Bertetangga

Peribahasa Indonesia mengatakan „Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung“,artinya di manapun kita berada, kita sebaiknya dapat beradaptasi dan mengikuti kebiasaan baik yang berlaku di tempat tersebut. Begitu pula dalam kehidupan bertetangga di Jerman.

Berikut ini beberapa tips bila kita baru pindah ke Jerman dan menempati tempat tinggal baru.
1. Berkenalan dengan Tetangga

 
Foto: Goethe-Institut Indonesien/Katleen Schneider

Datang mengetuk satu per satu pintu tetangga terdekat dan memperkenalkan diri adalah kebiasaan orang-orang di Jerman bila mereka menempati tempat tinggal baru. Selain memperkenalkan diri, penghuni baru biasanya juga menawarkan bantuan sederhana, seperti bersedia menerima paket pos bila tetangga sedang tidak di rumah atau menyiramkan tanaman bila tetangga sedang liburan.
Lalu bagaimana bila kita tinggal di apartemen dengan 20 lantai dan ratusan kamar? Tentu saja kita tidak harus memperkenalkan diri ke seluruh penghuni apartemen dari lantai dasar sampai teratas, cukup ke beberapa tetangga di sebelah kanan dan kiri.

Einweihungsparty
Pesta kecil atau di Indonesia dikenal dengan sebutan „selametan rumah baru“ adalah salah satu cara orang-orang di Jerman untuk mengenal tetangganya lebih dekat. Undangan yang hadir adalah beberapa tetangga yang tempat tinggalnya tidak berjauhan. Pesta ini bisa menjadi ajang untuk mengenal tetangga lebih dekat, sambil menikmati hidangan dan minuman sederhana. Tidak jarang banyak orang yang menjadi lebih akrab berkat pesta ini.

2. Perhatikan Hausordnung
Untuk menjaga kenyamanan hidup bertetangga, selain berkenalan dengan siapa kita tinggal, kita juga harus menaati peraturan yang berlaku. Di artikel berjudul
"Mencari Tempat Tinggal" sudah pernah dibahas tentang Hausordnung atau peraturaran rumah. Beberapa peraturan dasar yang perlu diperhatikan adalah:

 
Foto: Goethe-Institut Indonesien/Katleen Schneider

- Nacht-/Mittagsruhe (Hausruhe)
Nachtruhe atau jam tenang malam: 22.00 – 06.00
Mittagsruhe atau jam tenang siang: 13.00 – 15.00
Pada jam-jam tersebut penghuni rumah dilarang menyebabkan kegaduhan, seperti kegaduhan yang disebabkan oleh penggunaan mesin pemotong rumput, mesin cuci, bor, palu, atau suara yang ditumbulkan oleh anak-anak dan hewan peliharaan (seperti gonggongan anjing).

- Zimmerlautstärke
Di luar jam tenang bukan berarti orang bisa mendengarkan musik sekencang-kencangnya atau membuat tetangga terganggu karena teriakan anak-anak di rumah. Untuk menjaga kenyamanan kehidupan bertetangga, pemerintah Jerman memberlakukan peraturan Zimmerlautstärke yaitu peraturan yang mengatur bahwa suara yang kita buat di rumah hanya boleh terdengar sampai batas ruangan yang kita miliki saja.

 
Foto: Goethe-Institut Indonesien/Katleen Schneider

- Hausordnung lainnya
Setiap tempat tinggal di Jerman memiliki Hausordnung berbeda-beda. Peraturan ini tidak hanya mengenai kebisingan, tetapi masih banyak peraturan lainnya, seperti larangan memasak makanan berbau menyengat atau menimbulkan asap dan juga menaruh barang di sepanjang lorong.

Beberapa hal di atas adalah langkah awal yang baik untuk menjaga kenyamanan hidup bertetangga di Jerman. Jadi, jangan malu-malu untuk memperkenalkan diri ke tetangga dan selalu menjaga kententraman rumah Anda :-)

Source : http://blog.goethe.de/lajuman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar